Kuliah Terakhir

Tidak terasa, sudah hampir setahun aku kuliah di MTI UGM. Tadi pagi ada ujian dikampus, yang menandakan berakhirnya sesi perkuliahan catur wulan ini. Dan ini lah kuliah terakhirku di MTI, karena setelah ini aku sudah tidak lagi harus disibukkan dengan berangkat kuliah tiap pagi. Yang tersisa hanya ngetik “thesis”.

Sistem perkuliahan MTI UGM, normalnya dijalani dalam 4 cawu, dengan 3 cawu perkuliahan reguler, dan 1 cawu khusus untuk pengerjaan thesis maupun pendadaran. Sehingga diharapkan tiap mahasiswa bisa lulus dalam waktu 16 bulan sejak masuk hari pertama perkuliahan.

Sampai saat ini aku sudah menyelesaikan cawu ke 3 ku, sehingga setelah ini sudah tidak ada perkuliahan lagi. Meskipun pengerjaan “thesis” juga tidak bisa disepelekan, tapi minimal “thesis” bisa dikerjakan di rumah atawa di kantor. Jadi ga perlu repot2 bangun pagi dan pulang sore untuk mengikuti perkuliahan.

mmmm… seneng juga, aku sudah lumayan bosan dengan kuliah dan berbagai macam tugasnya, plus praktikumnya yang biasa dilaksanakan di hari sabtu :( . Akhirnya yang aku tunggu-tunggu dateng juga.

NEXT STEP
Selanjutnya, aku punya waktu kurang dari satu cawu untuk menyelesaikan thesis, pendadaran, dan wisuda. Aku harap semua bisa lancar, sehingga 4 bulan lagi aku bisa bermetamorfosa kembali menjadi orang “bebas”.

Di MTI UGM, sistem thesisnya terbilang lumayan unik. Karena thesisnya dilakukan secara bertahap, yaitu harus melalui 4 pra pendadaran + 1 pendadaran. Semua pra dan pendadaran tersebut sudah terjadwal dengan rapi, dan keseluruhan mahasiswa harus melewati tahapan-tahapan tersebut.

Enaknya, minimal tiap beberapa minggu, mendapat deadline untuk segera menyelesaikan syarat-syarat pra pendadaran. Sehingga tidak “terlena” dan “terjerumus” pada kemalasan, yang berujung pada NEVER ENDING THESIS.

Ga enaknya, thesis menjadi tidak bisa dikebut dan diselesaikan dalam waktu singkat. Karena semunya telah disediakan koridor-koridor nya dengan jelas. Selain itu, setiap beberapa minggu diwajibkan untuk pening dan loyo gara-gara harus minta tanda tangan pembimbing agar disetujui maju pra pendadaran.

WHAT ELSE?
Yap, hampir lupa. Tadi, untuk “memperingati” hari terakhir kuliah, aku dan tmn2 seangkatan foto2 bersama ke calista. Sesuai adat, tiap angkatan dapat mempigura foto seangkatan, dan dipajang di ruang laboratorium utama.

Semoga foto2nya bisa aku upload beberapa hari mendatang.

==> updated, foto sudah aku upload

Klik disini untuk melihat foto selengkapnya.

Ada satu lagi yang tadi sempet bikin jengkel, HP ku tadi di umpetin sama temen2. Dan aku bener-bener dah kebingungan nyari HP, sampai mau aku telusuri jalan sampai ke foto studio lagi untuk mencari HP ku.

Emang angkatan 007 ini bener2 kejam!!! ( padahal aku ngajarin kejemnya ga sebegitu kejem lhoh :D )

3 comments on “Kuliah Terakhir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>