maskot twizel

Hari-Hari Pertama Twizel

Membuka resto ga banyak tantangan, yg menantang itu mendatangkan pembeli. Deg-deg-an pol!

Sejak merencanakan buka resto, selalu seliweran pertanyaan dalam hati, laku ga yah? ada ga yah yang dateng? hari pertama kalo ga ada yg dateng sama sekali gimana yah? gimana yah biar orang bisa tau kalau disini ada resto? gimana kalau gagal maning gagal maning yah?
Yah begitulah, menurutku itu pertanyaan standar setiap pengusaha amatiran.

Demi mengurangi rasa deg-deg-an, dibuatlah rancangan dan strategi promosi, cieeeh, seolah olah yes banget. Sedari awal juga udah yakin, promosi adalah kunci, tanpa promosi pasti ga akan ada yang dateng.
So dengan berbagai keterbatasan dana, kami geber promo.

  • dailydeals
    hari pertama buka, kami sudah pasang deals di DISKON.com. Kami jual impas dan bahkan merugi, ga peduli, yang penting ada yang dateng.
  • runtext
    tampaknya ini promosi wajib bisnis offline deh.
    intinya cuman bikin pemberitahuan bahwa Twizel Barusan Buka, dipasang di radius 500 meter dari resto. Runtext-nya sengaja dipasang tepat di hari-H, supaya begitu buka langsung, jreng jreng, terlihat semarak.
  • twitter
    kami meniru beberapa resto di jakarta yang promosi viral via twitter, dan bisa jadi trending. Selain karena punya akun kuliner @makanjogja dengan follower puluhan ribu, kami jg sediakan sedikit dana untuk tweet berbayar ke berbagai seleb twit.

H-3 semua alat peraga, eh alat promosi sudah siap, semua alat-alat resto siap.
H-2 briefing singkat, nglatih2 dikit-dikit pegawai lama, bagi-bagi SOP, hal-hal standar
H-1 semua karyawan diliburkan, buat persiapan perang esok hari nya

Hari H
jeng-jeng, belum ada koki, so yang pasti yang masak @thearizkia alias istri sendiri. Masak sedikit untuk persiapan mestinya yg dateng sedikit. Pasang semua xbanner dan runtext, pasang deal di diskon.com, promo di twitter.
Setelah serasa ribuan tahun menunggu, akhirnya ada juga yang dateng satu dua, legaaa..
Semenjak hari pertama, setiap malem kami geber promo makan gratis, ditawarin makan gratis di twitter, yg baca tweet nya boleh segera dateng, dan dapet makan gratis. Tiap malem dibuat supaya masakan habis semua, jadi sampai di gratis-gratis in, yang penting rame aja:D

H+1 Kondisi masih sama dengan hari H
H+2 Kondisi masih sama dengan hari H

H+3 H+4 H+5 …

hari-hari berikutnya, pengunjung mulai membludak, diluar ekspektasi. Usut punya usut, ternyata sebagian besar datang dari pelanggan Diskon.com. Uhuy
Sudah bisa mulai senyum, sambil keliatan ndeso karena masih belum begitu siap melayani antrian.
Tempat yg hanya 4 meja juga mulai ga cukup, parkir semrawut, pegawai masih canggung, dst.
Tapi yang pasti, SERU!

ok, begitulah hari-hari pertama.
Kalau mau buka resto, silahkan dinikmati deg-degan hari-hari pertama, mau ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>