Tenggat .id Dipukul Rata, ‘Juragan Domain’ Mengeluh

== dikutip dari detikinet.com ==

logo_detikinet.gif

Jakarta, Semua nama domain .id harus mengikuti aturan baru, masa berlaku yang lama pun dipukul rata sesuai jenis domainnya. Alhasil, ‘juragan domain’ mengeluh karena harus membayar jutaan rupiah.

Pengelolaan nama domain khas Indonesia, yaitu yang berakhiran .id, memang masih dalam masa transisi. Pengelola Nama Domain Indonesia (Pandi) telah menetapkan semua nama domain yang terdaftar sebelum 1 Juli 2007 harus diperbarui untuk mengikuti aturan baru.

Aturan baru tersebut adalah dikenakannya biaya tahunan untuk semua nama domain berakhiran .id. Sebelumnya, nama domain .id tertentu hanya dikenai biaya pendaftaran.

Untuk domain berakhiran .co.id, .net.id, dan .web.id diberikan masa tenggat hingga 31 Agustus 2007 untuk beralih ke aturan baru. Pengalihan itu bisa dilakukan dengan membayarkan biaya satu tahun domain terkait.

Aturan ini ternyata dirasa memberatkan pihak tertentu. Terutama mereka yang bisa dikategorikan sebagai ‘juragan domain’, yaitu yang memiliki/mengelola domain .id hingga ratusan.

“Misalnya, dulu expired (masa berlaku-red) tertulis tahun 2008, sekarang jadi 31 Agustus 2007. Expire-nya jadi kayak kepukul rata begitu,” ujar Ogi Sigit P., Marketing Manager idWebHost, kepada detikINET, Senin (9/7/2007).

Ogi, yang mengaku pihaknya mengelola sekitar 350 nama domain .id, merasa terhenyak. “Perpanjangannya kan lumayan juga tuh. Rp 27 juta-an habisnya kira-kira,” tutur Ogi.

Informasi mengenai tenggat 31 Agustus 2007, menurut Ogi, telah diterimanya sejak beberapa waktu lalu. Namun Ogi tidak menduga kalau ini berarti semua nama domain .id yang dikelolanya juga kadaluwarsa pada waktu yang sama.

“(Tenggat itu) kan nggak terus membuat semua yang expire-nya tahun depan dibuat jadi tanggal 31 agustus kan?” ujarnya heran.

Ia juga mempermasalahkan komunikasi dari pihak Pandi yang menurutnya kurang jelas. Ogi mencontohkan tidak adanya kontak telepon di bawah e-mail yang dikirimkan Pandi. “Biasanya ada nomor telepon kalau ada instansi kirim e-mail seperti itu, di bawahnya,” Ogi menambahkan. (wsh/wsh)

http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/
tahun/2007/bulan/07/tgl/09/time/162708/idnews/802747/idkanal/317

2 comments on “Tenggat .id Dipukul Rata, ‘Juragan Domain’ Mengeluh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>