Tulisan ini menyambung tulisan tentang kehamilan GrowingMail beberapa waktu lalu.
Dari bulan januari 2014 sampai April ini bergelut dengan programming, oprek-oprek cloud server, dan juga belajar-belajar mengenai email, spam filtering dll. Mblenger juga… Nhah tanggal 22 April ini Growingmail mulai diluncurkan untuk kalangan internal dulu, yaituh STORE.co.id, yang member newsletternya sudah sekitar 250ribu an.
Kenapa internal launch dulu?
Ya soalnya, aku sendiri belum yakin nih aplikasi sudah siap jual. Ada beberapa fitur dasar yg emang belum selesai dibuat. Trus selain itu juga untuk memastikan fitur yg sudah dibangun selama ini emang bisa berjalan sesuai harapan.
Dgn menggunakan STORE.co.id jd kelinci percobaan, jg ada untungnya, karena STORE.co.id punya 1/4 juta member newsletter, jadi bisa sekalian untuk stress test. Beneran mampu ga menghandle jumlah member banyak. Mengingat nantinya yg akan dijual hanya member kisaran dibawah 10 ribu.
Rencananya, kalau percobaan internal ini bisa mulus, kemudian meneruskan develop sedikit fitur lagi yg emang harus ada. Nhah setelah itu, bisa langsung segera mulai dipasarkan.
Lean
Dari awal emang pengen nerapin konsep LEAN, baca disini kalo belum tau , jadinya bikin bagian paling penting dr aplikasi, dan segera di launch untuk melihat reaksi pasar. Bagiku sih sebenernya lebih untuk membuktikan, beneran ga ini jualable alias bisa dijual. Jangan-jangan dibuat susah-susah tapi ga bisa dijual. Dgn me-launch fitur yg minimalis, kalau ternyata ga laku, atau gagal, rugi waktu, rugi biaya, dll nya bisa ga terlalu banyak. Jadi bisa tawakal, dan memulai develop aplikasi yang lain :D.
Okeh segitu duluh, tunggu tanggal launching public yahhh, C UUU!
untuk umum kapan di launching nya gan?
sekarang sudah di launching untuk umum gan