twizel-kuliahan

Segmen Pasar Twizel


Apapun bisnisnya, apapun usahanya, mau warung sampai ke operator seluler, harus punya segmen pasar yang jelas. Jebakan pemula biasanya menargetkan pasar seluas mungkin, segeneral mungkin, supaya mendapatkan “kue” yg besar. Padahal, saat merintis usaha, pastinya sumber daya relatif terbatas, dari SDM, pengalaman, keuangan dsb, nhah, semakin terbatasnya sumber daya logikanya harus semakin dikecilkan sasaran pasarnya, supaya bisa konsentrasi ke bidang yg kecil, sukses di pasar yang kecil dulu, baru diperbesar belakangan jika memungkinkan.

Coba bayangkan, resto dengan sumber daya yang minim, malah menargetkan pasar yang macem2, terpaksa harus nyediain banyak menu untuk memenuhi hasrat berbagai usia, harus menyediakan berbagai variasi harga supaya bisa dijangkau kelas menengah bawah sampai jetset. Tampak susyeee…

Oke lanjut ke Twizel ..

Twizel dari awal ditargetkan untuk anak kuliahan, yang suka gaul, suka nongkrong, pastinya yang cantik-cantik, ganteng-ganteng, hedehhh…..
Lebih spesifik lagi, targetnya adalah anak kuliahan yg “agak” melek IT.
Lebih spesifik lagi, targetnya adalah anak kuliahan, yg “agak” melek IT, yang kelas ekonominya menengah. Alias ga terlalu jetset, dan ga terlalu kekurangan.

Kenapa anak kuliahan, karena jenis makanannya yang unik dan berkeju, agak susah di “jejal” kan ke orang tua. Selain itu lokasi Twizel yg di jantung daerah kampus, sangat menguntungkan jika targetnya juga anak-anak kampus.

Kenapa melek IT, karena rencananya nih Twizel akan dibuat IT minded, mulai dari WIFI gratis, free pudding kalau mention twitternya, trus juga sistem ordernya yang semua akan dibuat digitalisasi. Media promosi yang digunakan pun lebih berorientasi IT, misalnya via Diskon.com, via twitter, FB dll.

Kenapa kelasnya yang menengah tanggung, karena konsep restonya dibuat yang model Dining, bukan model warung, tapi harganya dibuat yang ga terlalu mahal untuk kantong mahasiswa. Sehingga mahasiswa bisa nongkrong ditempat yang cozy, serasa fine dining, tapi dengan harga yang jujur.

Ngobrol-ngobrol masalah konsep TWIZEL nya, next time deh aku tulis mengenai konsep dari resto TWIZEL. Sementara ini, sudahkan usahamu menargetkan pasar yang spesifik ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>