invest

Investasi Reksadana? Langsung Aja!

3 February 2011

Hal paling susah dalam investasi reksadana adalah memulainya, terlalu banyak membaca teori hanya akan maju mundur dan ga paham-paham.
Paling mudah untuk invest reksadana ya … “get wet”, ibarat kalau mau belajar renang ya harus belajar di kolam renang, pasti harus basah dulu, harus nyebur dulu. Cuman yang pasti, cari kolam renang yang dangkal dulu, jadi kalo kelelep ga langsung tew….. :D

Ok, so kalau mau belajar reksadana, ya ayuks langsung aja invest ke reksadana.

Yang perlu diluruskan, ga harus kaya dulu untuk invest reksadana, hanya beberapa ratus ribu rupiah sudah bisa dimulai. Justru kita invest supaya bisa kaya dihari depan, at least bisa memenuhi beberapa cita-cita finansial.

OK, langkah pertama, pejamkan mata, ingat bahwa investasi itu HARUS, inflasi yang diatas 10% mewajibkan kita investasi lebih dari sekedar tabungan / deposito. Dengan inflasi tsb, saat 20 tahun lagi anak kita kuliah, biayanya sudah puluhan milyar. Bayangin kalau nabung kapan tercapainya.

Langkah kedua, masih dengan berdiam diri dulu. Pahami bahwa tak ada yang pasti, reksadana punya potensi rugi, beda dgn deposito yang hampir pasti dapat bunga. Semakin besar resiko, semakin besar potensi keuntungan yg bisa kita ambil.

Langkah ketiga, ini bener-bener gerak :)
Segera datang ke agen penjual reksadana.
Bingung mau kemana?
Saya rekomendasikan Commonwealth bank. Keuntungan di Commonwealth adalah kita bisa me-manage investasi reksadana kita via web internet bankingnya, ga perlu repot-repot antri dan terjebak macet. Selain itu, sekarang setiap invest masih dikenai diskon 50% dari biaya pendaftaran.
Jika tidak ada Commonwealth di kota Anda, saya rekomendasikan Bank Mandiri. Kenapa? karena bank ini tersebar dibanyak tempat, jadi ga repot. Karena kalau mau invest reksadana di bank mandiri harus datang langsung ke bank nya. Selain itu Bank Mandiri punya fitur auto debet, yaitu misalkan setiap bulan bisa kita set untuk otomatis ambil dari rekening tabungan, untuk diinvestasikan ke reksadana.

Selanjutnya kita anggap berinvestasi melalui Commonwealth bank. Di bank tersebut kita akan dijelaskan reksadana itu apa, resikonya apa, dan sekitarnya. Kemudian isi form, tanda tangan, dan selesai.
Setelah punya rekening bank nya, kita bisa segera pulang, dan investasi reksadana dari rumah secara online.
Login ke Internet Bank nya, pilih menu investasi. Dari situ kita bisa memilih mau investasi reksadana di manajer investasi apa, dan produk reksadana yang mana.
Investasi nya (kalau ga salah) minimal cuman 500ribu.

Langkah keempat,
tentukan mau invest melalui manajer investasi yang mana, dan mau pilih produk reksadana yang mana. Paling mudah, tentukan dulu psikologis masing-masing. Jika berani ambil resiko, berani duitnya hilang, silahkan ambil reksadana jenis saham. Jika masih newbie, pengen asal ikut dulu, bingung pilih yang mana, ikut aja yang reksadana pasar uang atau pendapatan tetap. Jika in between, bisa pilih yang reksadana campuran.

Reksadana saham itu untuk investasi jangka panjang, biasanya sekitar 10 tahun keatas. Karena saham fluktuatif, jadi kalau habis invest dan saham pas anjlok kita mungkin bisa harus nunggu setahun dua tahun sampai saham kembali normal. Menggiurkannya, reksadana saham pertahun rata-rata 30 sampai 40% keuntungan, jika IHSG pas lancar jaya seperti 2 tahun belakangan, bahkan ada yang keuntungannya 100% per tahun, seperti reksadana panin maksima. Ilustrasinya, jika dua tahun lalu invest 1 juta, setahun yang lalu jadi 2 juta, dan tahun ini jadi 4 juta. Tapi jangan kaget kalau misalnya tahun depan tinggal 3 juta karena turun.

Reksadana Pasar uang itu, dana kita diinvestasikan ke instrumen yang paling aman, seperti obligasi, surat utang pemerintah maupun swasta, sukuk, ORI dan sebagainya. Jadi kemungkinan merugi nya sangat kecil jika dibandingkan dengan jenis reksadana yang lain. Sebagai contoh nih, uangnya diinvestasikan ke ORI, padahal ORI kan sudah pasti tiap tahun bunganya sekian persen, jadi ga bakalan rugi, kecuali Pemerintah RI ambruk, bangkrut dan ga bisa bayar.

Itu sekilasnya, silahkan segera berinvestasi, dari kecil, dari yang aman, dari yang paling mudah. Jika sudah mulai berbasah ria, silahkan dilanjutkan lebih mendalam untuk belajar melalui http://www.portalreksadana.com/ , baca koran http://epaper.kontan.co.id/ , atau diskusi di http://www.kaskus.us/showthread.php?t=869813 dan seterusnya.

One Comment

  1. Wiw.. Bos Ogi Serem maenan e sekarang yo :D 500rb yah ? Bisa makan seminggu itugh :(

Leave a Comment