Bangsa timur sering mudah sakit hati dengan kritik dan saran, tapi jika ingin sukses berbisnis online, kritik harus dijadikan menu paling lezat tiap sarapan, yummy!!
Dengan kritik, bisa diketahui siapakah diri kita dimata customer, lubang-lubang kekurangan bisa dijadikan andalan dimasa depan.
Apa yang harus dilakukan ?
- Buka saluran kritik selebar mungkin
Sediakan saluran kritik semudah dan sebanyak mungkin, sms, phone, email, chat, facebook dll. - Pancing kritik
Pancing semua customer maupun customer untuk memberikan kritik. Ingat, kita sangat membutuhkan kelezatan kritikan tersebut. Berbagai kreasi untuk memancing kritik bisa diciptakan, misalnya setiap satu kritik mendapat hadiah boneka bola, setiap satu kritik mendapatkan bonus 10%, dan sebagainya. - Emergency Level
Pastikan setiap kritik dianggap sebagai gawat darurat, dan harus segera diselesaikan, at all cost! Jangan tunggu sampai besok untuk memfollow-up setiap kritik. - Jawaban jelas, tanpa basa-basi
Berikan jawaban yang jelas, dan jika memang menjanjikan perubahan, benar-benar lakukan perubahan. - Top Level
Berikan kepastian bahwa kritik yang disampaikan, langsung akan sampai ke level manajemen, dan langsung mendapatkan keputusan “level tinggi”.
Jika kritik sudah terasa lezat dilidah kita, perbaikan bisnis akan menjadi otomatis.
Selamat menyantap!
kritik untuk saya apa?
comment-nya dikit banget
Kalau bisnis yang kita jalankan hanya sebagai reseller, jika menampilkan alamat lengkap, kalau orangnya datang ke rumah dan nggak ada barang trus ngomongnya gimana?
yup, terlalu sering kita alergi sama yang namanya kritikan…
nice info
ditunggu kunjungannya sob
Orang yg mau Maju & Sukses harus mau di Kritik.
Tp sayangnya, orang2 kita maunya mengkritik tapi tidak mau dikritik………Mangkanya sulit untuk Maju & Sukses.
Ayooo Kita Mengkritik Website Ini…..Itu Bayi Ko di Cemplungin Ampe Nangis Gitu Sich (hehehehe…)
Pengin tukeran link, tapi kok kayknya g ada:D
But its ok, heheh
Kritik, hmmm…ya dengan dikritik orang lain berarti kita tau apa yang harus diperbaiki:)
Wah maaf salah url. Ini yang benar:D
Salut buat Bos Ogi.. Mau melihat dari sisi lain dari sebuah kritik.
Tapi faktanya, bendera bendera yang sudah besar, yang sudah di kritik, tetep aja seperti itu(red: tidak melakukan movement). Dengan dalih, sudah melakukan jalan yang terbaik, pilihan para pengguna etc etc…
Ya ga ? Ya ga ?
wah namanya sama
pertanyaanya: kok IDWebhost yang dipajang? hehehe
Kadang sih malahan seseorang kalo udah sukses males dengerin kritik. jadi gmana ya? pikirannya kolot gitu..
Salam bro.