toys.com arti sebuah nama

61 Milyar untuk Sebuah Nama

toys.com arti sebuah namaMengapa setiap penjual kaki lima nasi goreng di pinggir jalan selalu tampak sama?
Yah, simpel, tiap penjual tersebut hampir selalu tampil tanpa sebuah “nama”, sebagian besar hanya menonjolkan pemilik, Nasgor Pak Paijo, Bakso Bu Tukimin, Bakmi Mbak Darmi, dan sekian ribu nama lainnya yang hampir sama dan mustahil untuk diingat.

Nama serta Brand yang dibangun dengan baik, akan menghasilkan nilai perusahaan yang tak ternilai. Sebagai contoh Detik.com, setiap orang langsung menyambungkan detik.com dengan berita online yang update “tiap detik”. Mungkin kini nilai nama Detik.com sendiri jauh lebih mahal dibanding nilai aset fisik perusahaan yang menaunginya.

Pertanda nama/brand telah mencapai puncaknya adalah saat nama dikaitkan secara langsung dengan suatu hal secara umum, misalnya Sanyo. “Rumah mertuaku sudah dipasangi sanyo”, padahal maksudnya, sudah dipasangi pompa air.

Itulah mengapa toko mainan ToysRUs.com dengan mudahnya merogoh kocek 61 Milyar hanya untuk membeli sebuah nama domain, “Toys.com” . Nilai uang sebesar itu pastilah senilai dengan brand yang akan dibangun ToysRUS, mereka ingin dikaitkan secara langsung dengan Toys. Yaps, jika orang berpikir mainan, maka toys.com jawabannya.

Terkait: ToysRUs Buys Toys.com At Auction For $5.1 Million

32 comments on “61 Milyar untuk Sebuah Nama

  1. Hmm.. aku juga masih penasaran dengan urusan per-domain-an ini. Flickr tidak membeli Photos.net, YouTube juga tidak membeli Videos.net, dll..

    Di era sekarang ini generic domain masih penting ya?

  2. Dulu pernah kejadian di Indonesia, rebutan nama domain kosmetik. Ya itu, masa pesaingnya ambil nama domain kompetitor, jd biar si kompetitor ga punya website resmi dgn nama dia. Tp akhirnya memang dikembalikan, tentunya dengan harga yang “pantas”. :)

  3. Hmmm kalau sekarang mungkin nama domain Google yang paling mahal. Jual Indonesia buat beli Google.com

    btw, ini blog udah hampir lumutan. Kemana nih penunggunya??

Leave a Reply to Okto Silaban Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>