Harus Bisa! (Dr. Dino Patti Djalal)

Buku biru diatas berjudul “Harus Bisa!” tulisan Dr Dino Patti Djalal. Mengungkap sisi lain dari sebuah sejarah Indonesia yang sedang berjalan. Perjalanan sejarah kita dibahas dari sudut pandang orang dalam yang sangat dekat dengan aktor utamanya.

Berbagai nasihat-nasihat kepemimpinan dihubungkan secara santun dengan kebiasaan pribadi SBY dan kejadian-kejadian disekitarnya. Isinya sangat ringan, dan serasa dibawa berpetualang menonton film dokumenter. Jangan berharap ada sesuatu yang membuat penasaran ataupun memuat tantangan, kesemuanya dibuku ini dibahas dengan datar.

Yang menarik adalah kita bisa merasakan berada di ring 1 presiden, merasakan ada disana, dan bisa sedikit mengupas yang ada dalam pikiran SBY pada beberapa kejadian penting beberapa bulan atau tahun sebelumnya.

Tak bisa dipungkiri “Harus Bisa!” sangat condong pada sisi positif SBY, tidak ada kritikan dan hal negatif sedikitpun yang diungkap. Bahkan, dibeberapa bagian aku menangkap Dino memuji SBY secara berlebihan.

Meski begitu, aku tetap merekomendasikan buku ini, agar dapat melihat pemimpin kita dari sisi yang beda, dimana biasanya kita hanya selalu membaca artikel pengamat politik yang terus menerus menjatuhkannya. Dengan buku ini kita jadi bisa menilai SBY secara lebih berimbang.

9 comments on “Harus Bisa! (Dr. Dino Patti Djalal)

  1. to be honest…buku ini ringan banget( dan aku jadi agak bosan membacanya).
    walau buku ini “SBY” banget, buku ini memberikan wawasan nilai2 yang perlu dimiliki seorang pemimpin. bagus buat mereka yang mau nyalon jadi caleg, ikutan pilkada, atau ada capres (yang kebetulan baca blog ini).

  2. Aku mau beli ah, bulan depan! ada buku baru lagi mas Ogi, Indonesia Unggul (buku kedua SBY) di mba thea ada gak yah? kalo ada aku mau dunk. Tapi kapan mas ogi pulang ya?

  3. Aku dalet buku di perpustakaan sma ku di madiun . dan ku lihat cover & halaman2 depan sblm daftar isi. Buku itu gak dijual. Iya kan ya kalo gak salah. Coba dicek. Jadi semacam dikasih pemerintah untuk sekolah2 gitu. Bagus kok isinya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>