Inovasi atau Mati

Bisnis hanya digolongkan dalam 2 kategori, bisnis dengan inovasi tiada henti dan bisnis yang mati

Dari jaman batu hingga sekarang, bisnis hanya digolongkan dalam 2 kategori, bisnis dengan inovasi tiada henti dan bisnis yang mati. Yah, begitulah, apapun bisnis yang kita jalani pasti cepat atau lambat akan “mati” jika tidak kita pupuk dengan inovasi.

Dalam hal ini, inovasi diartikan sebagai segala sesuatu perubahan dalam bisnis, baik secara radikal atau bertahap. Setiap hari kita harus memikirkan, apa sih inovasi yang bisa kita lakukan hari ini. Meskipun kecil, setiap hari harus selalu ada inovasi.

Misalkan Anda sedang berbisnis berjualan nasi goreng di emperan pinggir jalan. Anda bisa melakukan inovasi dengan sangat sederhana, misalkan sediakan nasi goreng yang super super pedas, sehingga tidak ada pesaing Anda dalam satu deretan jalan raya disitu yang mampu menyaingi kepedasan dari nasgor super super pedas.

Berhasil tidaknya inovasi nasgor super pedas tersebut adalah urusan ke dua atau ke tiga, yang penting kita telah membuat inovasi hari ini. Kita bisa berharap, dengan menyediakan dan mengumumkan akan nasgor super pedas tersebut, maka orang-orang akan penasaran, dan kemudian mencoba. Siapa tau ?

Tahukan Anda, bahwa perusahaan Carefour yang sudah segede gajah bengkak itu, sampai sekarang terus menerus melakukan inovasi. Berikut contoh kecilnya:

Inovasi Kecil Carefour

Carefour menyediakan troly belanja dengan warna menarik, dengan bentuk mobil, untuk menarik anak-anak kecil. Inovasi kecil dengan modal tidak selisih banyak dengan harga troly besi biasa tersebut ternyata sangat diminati keluarga yang memiliki anak kecil. Sampai sering terjadi antrian untuk mendapatkan “mobil” tersebut.

Keluarga bapak ku, juga jadi lebih rajin ke carefour, karena cucunya selalu mengajak bermain mobil di carefour. Bayangkan berapa milyar tambahan keuntungan yang didapat carefour dari inovasi kecil tersebut dari seluruh kota di Indonesia.

So, mengapa tidak kita mulai inovasi “apapun” dari hari ini juga ?

21 comments on “Inovasi atau Mati

  1. ah setuju sekali, inovasi disini maksudnya perubahan kali yah? perubahan tanpa mengganggu inti dari usaha yang sedang di jalankan.

    (IMHO)tapi untuk usaha dengan modal kecil, tidak bisa melakukan inovasi macem2 euy. namanya juga modal kecil, room for errornya juga jadi kecil,..
    beda dengan contoh carefour diatas, kalau dampak dari troly mobil2an tersebut ternyata jelek, mereka tidak akan mempunyai kesulitan untuk membalikinnya ke seperti sebelumnya(room for error tadi)

    1. ga juga sih, inovasi mulai dari yang terkecil. Misalnya yang aku sampaikan tadi, penjual nasgor, ga perlu aneh2, inovasinya bisa dengan buat nasgor super pedas. Inovasi tidak selalu berarti mengucurkan dana besar.

    1. Emang dg modal Pake baju yg warna nya mencolok Kaya Gituh. bisa ngasilin duit. Mungkin yg jelas gini kali bang! Baju kuning nya di buka terus Telanjang telentang di tengah jalan, pura2x ke tabrak.. Otomatis tuh orang nabrak nge ganti rugi kita. Modal nya sedikit tapi resikonya kalau ke tabrak beneran :D waw

  2. Heh… ngga nyangka banget yah, kok loe jadi plagiat gini sih gi… orang yang selama ini gw kagumi karena punya nilai beda dari pemuda lain pada umumnya ternyata ngga lebih dari seorang pencontek…!!!!!

    cut… cut.. cut…
    Sorry gi, lagi berinovasi… hihihihi *kidding*
    *makna inovasinya dah mulai melenceng nih, hahahahah*

  3. Aku juga sudah berinovasi kok Gi…Salah satunya pergi ke bioskop pakai daster. Nah, biasanya ndak pernah diperhatiin orang, sekali ini langsung jadi pusat perhatian. hahahahaha…taktikku untuk mencari perhatian manjur ya.

    Btw, dalam bidang ketik-mengetik yang jadi kerjaanku, inovasi adalah hal wajib yang harus dilakukan, kalau gak mau ceritanya basi. Tapi jadi puyeng, mikirin cerita apa ya yang gak beda. (loh, malah curhat).

  4. Eh, kalimat terakhirku salah.

    diralat:

    Tapi jadi puyeng, mikirin cerita apa ya yang beda dengan lainnya.

    OOT: kok huruf-huruf anti spam yang mesti ditulis itu susah banget dibacanya ya, aku salah mulu :(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>